Pernyataan Sikap Presidium Pusat Himpunan Mahasiswa Buddhis Indoenesia (HIKMAHBUDHI)

Menyikapi Pengrusakan dan Pembakaran beberapa tempat ibadah umat Buddha di Tanjung Balai, Sumatera Utara pada Jumat, 29 Juli 2016:

1. Menyayangkan terjadinya tindakan intoleransi massa terhadap pengrusakan dan pembakaran beberapa rumah ibadah umat Buddha di Tanjung Balai, Sumatera Utara.

2. Meminta pemerintah hadir dengan memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaannya masing-masing sesuai amanat UUD 1945 dan mendorong komunikasi yang lebih intensif antar lembaga keagamaan untuk mewujudkan kerukunan dan mencegah tindakan intoleransi lainnya.

3. Meminta Kapolri segera berkoordinasi dengan Kapolda Sumatera Utara agar mengerahkan pasukan untuk mengamankan seluruh rumah ibadah, khususnya di Tanjung Balai sebagai bentuk antisipasi adanya insiden tindakan intoleransi yang serupa.

4. Meminta agar Kapolda Sumatera Utara Irjenpol Drs. Raden Budi Winarso dan Kapolres Tanjung Balai AKBP Ayeb Wahyu Gunawan SIK M. Hum bertanggungjawab atas kealpaan dalam pengamanam yang menyebabkan kerusakan dan terbakarnya beberapa tempat ibadah agama Buddha di Tanjung Balai. Kealpaan aparat keamanan ini menunjukkan bahwa negara absen dalam melakukan pengamanan masyarakat yang seharusnya mampu mengantisipasi tindakan intoleransi massa.

5. Meminta Polres Tanjung Balai mengusut tuntas oknum yang terlibat dalam pengrusakan dan pembakaran beberapa tempat ibadah umat Buddha di Tanjung Balai berdasarkan aturan hukum yang berlaku.

6. Meminta agar media cetak, televisi, dan online dapat menghadirkan berita yang bersumber dari pemberitaan yang jelas, sehingga tidak turut memperkeruh suasana yang terjadi saat ini dengan mengedepankan jurnalisme damai.

7. Meminta agar seluruh umat Buddha Indonesia agar tidak terprovokasi dengan tindakan intoleransi yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Demikian pernyataan sikap ini dibuat, semoga dapat terselesaikan secara damai.

Jakarta, 30 Juli 2016
Presidium Pusat Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI)

Suparjo – Ketua Umum PP HIKMAHBUDHI
Manggala Wiriya Tantra – Sekretaris Jenderal PP HIKMAHBUDHI

Share this:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.