Anjangsana & Sosialisasi Pengenalan organisasi HIKMAHBUDHI oleh PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur kepada KMHB-UNJ

PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur mulai melebarkan sayapnya dengan berkeliling & mengunjungi kampus – kampus yang ada di Wilayah Jakarta Timur, dengan tujuan untuk mensosialisasikan organisasi HIKMAHBUDHI & bertatap muka dengan Mahasiswa/i yang ada di kampus – kampus tersebut.

Dengan semakin intens menjalin komunikasi & semakin sering bertatap muka, diharapkan kedepannya akan semakin banyak Mahasiswa/i yang tertarik untuk ikut bergabung & aktif di HIKMAHBUDHI.

Dimulai dengan Angjangsana & Sosialisasi ke UNJ (Universitas Negeri Jakarta), kami mengunjungi Sekretariat KMHB – UNJ (Keluarga Mahasiswa Hindu Buddha – Universitas Negeri Jakarta). Kami pun disambut oleh Ketua KMHB-UNJ, yaitu sdri. Elly Agustina dan puluhan anggota KMHB-UNJ lainnya.

Kegiatan pun dimulai dengan saling memperkenalkan diri masing – masing. Setelah sesi perkenalan selesai, tim HUMAS & Ketua KMHB-UNJ memberi penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan KMHB-UNJ.

Dijelaskan bahwa KMHB-UNJ merupakan organisasi yang menghimpun Mahasiswa/I UNJ yang beragama Hindu & Buddha. Namun, tidak hanya terbatas pada Hindu & Buddha saja, KMHB-UNJ juga memiliki beberapa anggota yang beragama Kong Hu Cu.

Tim Humas KMHB-UNJ juga menjelaskan bahwa setelah anggotanya lulus dari KMHB-UNJ, minimal mereka harus memiliki skill yang didapat setelah mengabdi dan berkarya di KMHB-UNJ, misalnya mereka harus bisa bahasa Inggris, presentasi, pidato dll.

Setelah pengurus – pengurus KMHB-UNJ selesai menjelaskan tentang organisasi mereka, akhirnya tiba saatnya PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur yang melakukan presentasi mengenai pengenalan organisasi HIKMAHBUDHI.

Presentasi pun dibawakan oleh Ketua PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur, yaitu Sdr. Abhinyano. Banyak hal yang dipresentasikan oleh ketua PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur, diantaranya adalah penjelasan mengenai Visi, Misi & Orientasi HIKMAHBUDHI, Sejarah HIKMAHBUDHI, kegiatan – kegiatan HIKMAHBUDHI baik di tingkat Cabang, Pusat / Nasional, Kiprah HIKMAHBUDHI baik di daerah, Nasional maupun Internasional, serta penjelasan mengenai betapa pentingnya peran HIKMAHBUDHI bagi perkembangan komunitas Buddhis, Bangsa & Negara.

Salah satu poin penting yang dijelaskan oleh Ketua PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur adalah bahwa HIKMAHBUDHI memiliki kesamaan Visi, Misi bahkan Spiritnya juga serupa dengan KMHB-UNJ.

Sama – sama bergerak pada bidang sosial kemasyarakatan serta sama – sama mewarisi Spirit Alm. Dr. Krishnanda Wijaya Mukti. Sdr. Abhinyano mengatakan,”walaupun Dr. Krishnanda sudah tidak ada lagi di dunia ini, namun Spirit beliau dalam memajukan Buddha-Dhamma di Indonesia tidak akan pernah padam. Masih eksisnya HIKMAHBUDHI & KMHB-UNJ merupakan bukti nyata bahwa Spirit Alm. Dr. Krishnanda masih begitu terasa di dalam hati kita masing – masing. “Oleh karena itu, kita tidak boleh menyerah dan teruslah berjuang dalam memperjuangkan Spirit beliau”, tegas Abhi.

Sdr. Abhinyano mengatakan bahwa teman – teman KMHB-UNJ tidak akan menyesal jika aktif di organisasi ekstra kampus. Teman – teman akan mendapatkan banyak ilmu & pengalaman, karena ilmu tidak hanya berasal dari dalam kampus, diluar kampus masih banyak ilmu – ilmu yang tidak bisa kita dapatkan di dalam kampus.

Namun bukan berarti bahwa dengan bergabung & aktifnya teman – teman KMHB-UNJ di organisasi ekstra kampus seperti HIKMAHBUDHI akan mematikan aktivitas & pergerakan kawan – kawan di dalam kampus itu sendiri. “Justru kita akan semakin dewasa & terlatih untuk memanajemen diri sendiri,” tegas Abhi.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa kegiatan HIKMAHBUDHI terbagi dua jenis, yaitu kegiatan Formal & Informal.

Kegiatan formal yaitu kegiatan yang wajib dilaksanakan, misalnya kegiatan Kaderisasi di tingkat Cabang (Jambore Tunas Mahasiswa, Buddhist Inside, LDK 1,2 & lanjutan), kegiatan wajib Cabang (SIMUS, Pelantikan, RAKERCAB), kegiatan kaderissasi tingkat pusat (Pekan Orientasi, Leadership Training, LKPP), kegiatan wajib tingkat nasional (RAPIMNAS, KONGRES, PELANTIKAN, RAKERNAS).

Kegitan informal yaitu kegiatan yang sifatnya fleksibel, berlandaskan kreativitas dan kepekaan dari pengurus dalam melihat peluang organisasi, misalnya kegiatan bedah buku & bedah film, diskusi rutin, olahraga, traveling, pentas seni, lokakarya, seminar dll.

Semua kegiatan tersebut sifatnya masih dalam lingkup internal organisasi, belum kegiatan diluar organisasi, lintas organisasi, lintas agama & internasional. Artinya, HIKMAHBUDHI merupakan tempat yang tepat bagi para Mahasiswa/I yang haus akan kegiatan, karena HIKMAHBUDHI mampu menawarkan berbagai macam kegiatan yang berkualitas, serta pengalaman berorganisasi yang tidak akan terlupakan.

Setelah sesi presentasi selesai, antusiasme kawan – kawan KMHB-UNJ untuk mengenal HIKMAHBUDHI semakin terasa, dapat dilihat dari banyaknya teman – teman KMHB-UNJ yang mengajukan pertanyaan tentang HIKMAHBUDHI.

Namun pada intinya, KMHB-UNJ sangat terbuka & siap membantu untuk menghimpun Mahasiswa/i Buddhis yang kuliah di UNJ untuk ikut bergabung dengan PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur, dengan harapan mahasiswa/i UNJ akan semakin banyak jaringan & pengalaman jika mereka aktif di organisasi ekstra kampus.

PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur pun berkomitmen akan selalu mendukung program kerja & kegiatan KMHB-UNJ, mengingat bahwa KMHB-UNJ merupakan salah satu poros pergerakan Mahasiswa Buddhis yang ada di wilayah Jakarta Timur.

Appamadena Sampadetha !

Berjuanglah Dengan Sungguh – Sungguh !

Sumber https://hikmahbudhijakartatimur.wordpress.com/2016/11/21/anjangsana-sosialisasi-pengenalan-organisasi-hikmahbudhi-oleh-pc-hikmahbudhi-jakarta-timur-kepada-kmhb-unj/

Share this:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.