Studium Generale Pembukaan RAKERNAS X HIKMAHBUDHI “Meningkatkan Peran HIKMAHBUDHI Terhadap Aktualisasi Pancasila”

Malang – Jumat (24/03/17) Rakernas merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan dalam rangka periode kepengurusan baru HIKMAHBUDHI (Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia). HIKMAHBUDHI telah melaksanakan Rakernas  sebanyak 10 kali. Rakernas HIKMAHBUDHI kali ini bertempat di kota Malang. Dengan mengangkat tema “Meningkatkan Peran HIKMAHBUDHI Terhadap Aktualisasi Pancasila” diharapkan dapat membentuk anggota yang berjiwa Pancasilais dan Buddhistik. Pengambilan tema ini dilatarbelakangi karena kondisi bangsa saat ini sering terjadi kejadian intoleransi, pelecehan simbol-simbol negara yang berpotensi mencederai nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
Rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional ke-10 HIKMAHBUDHI (RAKERNAS X)  berupa  acara pembukaan,  Studium General, serta dilanjutkan dengan rapat internal yang dilaksanakan selama 3 hari di Vihara Dharma Mitra, yakni 24-26 maret 2017. Studium General diisi dengan pemateri Dr. Ahmad Basarah, M.H (Ketua Badan Sosialisasi 4 pilar MPR-RI), Y.M Bhikku Subhapanno Mahathera (Ketua Sangha Theravada Indonesia), Nia Sjarifuddin (Ketua Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika), dan Ria Casmi Arrsa, S.H, M.H (Dosen Fak. Hukum Universitas Brawijaya).
Menurut Sugiartana, Ketua Umum Presidium Pusat HIKMAHBUDHI “Sebagai mahasiswa Buddhis selain harus memiliki jiwa Buddhistik, tentu juga harus memiliki jiwa Pancasilais. Pancasila itu berdiri di atas semua agama. Pancasila adalah warisan luhur untuk bangsa Indonesia”
02
Tanggapan dari Defri Pranata, selaku Ketua Pelaksana RAKERNAS X HIKMAHBUDHI “Sebuah kebanggaan, Malang dengan ikonik kota pendidikan bisa menjadi tuan rumah RAKERNAS X HIKMAHBUDHI yang diikuti oleh mahasiswa Buddhis dari seluruh penjuru nusantara”.
06
“Semoga dengan dilaksanakannya RAKERNAS X HIKMAHBUDHI ini, mahasiswa Buddhis dapat berkontribusi menyumbangkan ide-ide serta gagasan untuk kemanjuan komunitas, bangsa dan negara”, tambahnya.
Share this: