PERNYATAAN SIKAP PRESIDIUM PUSAT HIKMAHBUDHI TENTANG PILGUB DKI JAKARTA 2017

Sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab kebangsaan, Presidium Pusat Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (PP HIKMAHBUHI) menyampaikan Pernyataan Sikap sebagai pesan dan ajakan tentang Pilkada DKI Putaran 2 Tahun 2017. Adapun pernyataan sikap tersebut adalah:

 

  1. HIKMAHBUDHI memandang Pilkada DKI Jakarta adalah proses politik yang strategis, bermakna serta menentukan arah perjalanan dan masa depan DKI Jakarta sebagai miniatur Indonesia. Oleh karenanya Pilkada yang demokratis dan etis harus diwujudkan.

 

  1. HIKMAHBUDHI mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Pilkada yang bermutu, demokratis, konstitusional dan berkeadaban. HIKMAHBUDHI mendorong penyelenggara Pilkada bersungguh-sungguh melaksanakan Pilkada, bersikap netral, bijaksana, dan tidak menyalahgunakan birokrasi untuk mobilisasi massa serta sumber dana untuk kepentingan politik apapun. Pengawas Pilkada (Bawaslu dan Panwaslu) hendaknya lebih aktif dan proaktif menegakkan aturan dan sanksi sehingga dapat meminimalkan, bahkan menihilkan pelanggaran Pemilukada baik oleh Pemerintah, partai politik pengusung paslon, pendukung paslon maupun warga masyarakat.

 

  1. HIKMAHBUDHI mendorong aparat keamanan untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban selama pilkada berlangsung serta menghimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga ketertiban.Pemerintah juga harus memberikan jaminan keamanan dan ketertiban pada masyarakat jakarta.

 

  1. HIKMAHBUDHI mengajak seluruh warga jakarta yang memiliki hak pilih, hendaknya menggunakan hak politiknya secara cerdas dan bermartabat serta menjunjung tinggi kejujuran dan kebersamaan. Rakyat juga harus memiliki kedaulatan moral dan politik dalam menentukan pilihannya serta tidak boleh terkoceh oleh permainan politik yang menjual citra dan janji-janji politik murahan yang tidak sejalan dengan kenyataan.

 

  1. Keberhasilan Pemilukada DKI Jakarta adalah keberhasilan rakyat dan warga jakarta dalam menentukan arah, langkah serta tujuan Jakarta 5 tahun ke depan. Oleh karenanya peran masyarakat Jakarta menentukan nasib jakarta ke depan.

 

Demikian pernyataan sikap ini dibuat demi mendukung suksesnya Pilkada yang jujur, adil, demokratis dan bermartabat.

 

Appamadena Sampadetha

Berjuanglah Dengan Sungguh-Sungguh!

 

Sugiartana

Ketua Umum PP HIKMAHBUDHI

Share this: