PENDAKIAN GUNUNG PC HIKMAHBUDHI JAKARTA TIMUR

Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal obyeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung”, itulah yang pernah diucapkan Soe Hok Gie, seorang aktivis tahun 60an & salah satu pendiri Mapala-UI.

Soe Hok Gie juga pernah mengatakan bahwa “kita bisa mengenal diri sendiri ketika kita berkenalan dengan alam”.

Adakalanya kita perlu berkontemplasi, mengasingkan diri dari kegaduhan dan hiruk pikuk perkotaan, dan naik Gunung merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengobati kegelisahan hati & mengembalikan keseimbangan batin.

1

Banyak munculnya kegaduhan Sosial Politik yang sedang terjadi di Ibu Kota, inilah yang mendorong  kawan – kawan PC HIKMAHBUDHI JAKARTA TIMUR untuk mengadakan kegiatan “PENDAKIAN GUNUNG”.

Spirit & aktivitas Soe Hok Gie dalam mendaki gunung juga sedang diterapkan di PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur, dengan tujuan untuk membangun rasa kekeluargaan & solidaritas (Kalyanamitta) yang kuat, cinta terhadap lingkungan, hidup mandiri, mengasah kepekaan & kepedulian, serta menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi antar anggota.

Gunung Papandayan pun akhirnya dipilih oleh PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur sebagai media untuk mengawali rutinitas pendakian gunung.

Pada tanggal 27-30 Juni 2017, 14 pendaki yang terdiri dari perwakilan pengurus, anggota serta beberapa peserta kegiatan Pendakian Gunung – PC HIKMAHBUDHI Jakarta Timur, berangkat ke Kota Garut & mendaki Gunung Papandayan yang memiliki ketinggian 2.665 mdpl.

Kegiatan ini termasuk sebuah gebrakan & mencetak sejarah, karena baru HIKMAHBUDHI saja, khususnya PC Jakarta Timur yang baru pertama kali mengadakan sekaligus mempelopori kegiatan pendakian gunung dari kalangan Organisasi Mahasiswa Buddhis.

3

Nama – nama pendaki tersebut adalah : Abhinyano, Pandita Susila Dharma, Billy Gunawan, Bodhi Prajna, Lin Hartuti, Wiryawan, Andi, Sisilia Augustine, Steven Liao, Johanes, Shinta Jovita, Roi Hidayat & Boy Andri.

Kegiatan pun berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi para pendaki, sehingga kita dapat memiliki jiwa yang tangguh seperti Soe Hok Gie.

Ingat, yang ingin kita taklukan bukanlah puncak gunung, melainkan diri kita sendiri.

Appamadena Sampadetha !

Berjuanglah Dengan Sungguh – Sungguh !

Share this: