52 TAHUN HIKMAHBUDHI : WUJUDKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

116
Saat Penanaman 52 pohon di sekitar vihara lereng gunung Merbabu

Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI) dalam rangka menyambut hari lahir ke 52 tahun, di tanggal 16 Mei 2023 mendatang. Pengurus Pusat HIKMAHBUDHI menyelenggarakan penanaman pohon dan mendaki Gunung Merbabu via Selo Boyolali Jawa Tengah pada tanggal 4 hingga 7 Mei 2023. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian hari lahir HIKMAHBUDHI.

Perjalanan diawali dari Jakarta sebanyak 6 orang dan 2 orang pengurus Cabang HIKMAHBUDHI Wonogiri menunggu di Boyolali, total pendaki sebanyak 8 orang. Ketua Umum, Sekretaris Jendral dan Bendahara Umum HIKMAHBUDHI dan pendaki lainnya turut serta menanam 52 pohon di seputar vihara yang ada di lereng gunung Merbabu. Tujuan dari menanam pohon tersebut merupakan wujud kepedulian terhadap alam dan juga mengkampanyekan penghijauan, bahwa menjaga lingkungan sekitar dan menanam pohon sangat penting untuk keberlangsungan ekosistem bagi lingkungan.

 

Setelah menanam pohon, selanjutnya menuju basecamp Selo untuk mendaki puncak Merbabu. Pendakian gunung Merbabu mulai pukul 10.00 WIB sampai pada Sabana 1 pukul 18.25 WIB dilanjutkan dengan mendirikan tenda dan beristirahat di Sabana 1. Mendaki Gunung Merbabu membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat cuaca di sore hari hujan, sehingga jalur menuju sabana 1 licin dan terjal.

Pendakian menuju puncak Merbabu pada pukul 02.00 WIB dini hari, cuaca yang mendukung dan hembusan angin yang dingin mengiringki menuju puncak Kenteng Songo Gunung Merbabu, pada pukul 04.27 WIB tiba di puncak Gunung Merbabu dengan ketinggial 3.145 MDPL.

Melihat Matahari terbit (Sunrise) dari timur dengan cahaya keemasan dan lautan awan semakin memperlihatkan keindahan Gunung Merbabu dari puncak. Cuaca yang cerah menampakkan beberapa ke indahan gunung yang ada di Jawa Tengah seperti gunung Merapi, gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang positif, selain mengenal alam lebih dekat juga dapat menikmati keindahan alam. Seperti yang pernah disampaikan oleh Soe Hok Gie “Rasa cinta pada Indonesia tak bisa serta merta muncul dari slogan-slogan, tapi dengan mengenal lebih dekat. Mendaki adalah cara untuk lebih mengenal Indonesia dari dekat. Agar lebih mengenal bangsa Indonesia yang sesungguhnya. Rasa cinta pada Indonesia dalam bentuk nyata diwujudkan dengan berinteraksi dengan rakyat.”