Mahasiswa Tetap Bisa Gunakan Hak Pilihnya dengan Mengurus DPTb

76

Pada hari Rabu, 23 Januari 2019 bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS) PP HIKMAHBUDHI memenuhi undangan Rapat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor.

Bertempat di aula KPU Kota Bogor acara berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga selesai. Rapat ini dihadiri oleh Ketua badan Eksekutif Mahasiswa di wilayah kota Bogor seperti dari kampus IPB, Sekolah Vokasi IPB, STIE Kesatuan, Ibnu Khaldun, dan lain-lain. Turut hadir pula perwakilan dari Organisasi Ekstra Kampus seperti GMNI, GMKI, PMII, HIKMAHBUDHI, PMKRI, KMHDI dan lain-lain.

Rapat dalam rangka pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih tetap tambahan (DPTb) di Kota Bogor. Rapat ini adalah salah satu langkah KPU dalam menjamin dan melindungi hak pilih warga negara khususnya bagi mahasiswa yang tidak dapat pulang ke kampung halamannya ketika hari pemilhan umum 17 April 2019 mendatang.

“Kami berharap para mahasiswa ini dapat membantu kami dalam memenuhi hak pilih kawan-kawan mahasiswa khususnya yang berasal dari luar daerah. Apalagi persentase usia pemilih usia 20-30 tahun ini menduduki peringkat kedua pemilih terbanyak pada pemilu 17 April nanti. Secara teknis kawan-kawan di BEM dan Organisasi Ekstra Kampus ini nanti kami berikan formulir untuk pendataan, kemudian akan kami buatkan formulir A5 untuk dapat memilih di TPS terdekat” ujar Dr Bambang Wahyu, Anggota KPU Kota Bogor Divisi Pengawasan dan Hukum.

Mewakili PP HIKMAHBUDHI adalah anggota bidang Humas periode 2018-2020 yakni Sdr. Dhedy Kristanto yang merupakan mantan Ketua KMB Institut Pertanian Bogor (IPB).

Secara terpisah, Ketua Bidang HUMAS PP HIKMAHBUDHI Eric Fernardo mengapresiasi inisiatif dari KPU Kota Bogor, “Tentu sangat baik dan mudah-mudahan dapat direplikasi di tingkat nasional. Agar mahasiswa yang sedang merantau tetap bisa menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019.”

Seperti yang diketahui bersama pemilihan umum tahun 2019 ini akan dilakukan bersamaan dengan pemilihan legislatif. Akan ada 5 surat suara yang diterima oleh pemilih diantaranya Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten atau Kota. Komisi Pemilihan Umum (KPU) berusaha untuk terus melakukan pemutakhiran daftar pemilih tetap (DPT) serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat menjelang pemilu 17 April 2019 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here