Latihan Dasar Kepemimpinan Pertama Sukses Diadakan oleh PC HIKMAHBUDHI Banjarmasin

36

Majalah-Hikmahbudhi.com Demi perkembangan organisasi ke arah yang lebih baik dan meningkatkan kualitas seorang pemimpin dibalik pengurus-pengurus organisasi, perlu dilaksanakan sebuah latihan dasar kepemimpinan demi terciptanya sebuah pengkaderan yang berjiwa pemimpin.

Tepat di awal tahun dan penghujung bulan, pada tanggal 26 – 27 Januari 2019, PC HIKMAHBUDHI Banjarmasin melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan 1 (LDK 1) yang bertempat di Vihara Buddhayana Banjarmasin Jl. Veteran RT. 21 RW 02 Kel. Melayu, Kec. Banjarmasin Barat. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan dalam setiap periode kepengurusan organisasi HIKMAHBUDHI tingkat cabang.

Kegiatan ini pula dihadiri oleh Ketua Umum PP HIKMAHBUDHI periode 2018 – 2020 Sdr. Ari Sutrisno, Ketua MBI Prov. KALSEL Romo Sutekman Fauzie, dan dari Bhikkhu Sangha yang diwakili oleh Y.M. Ashin Nyanavira Thera. Acara LDK 1 ini menghadirkan 2 orang pemateri yang berasal dari kalangan motivator, spiritual, dan pemuda yaitu Romo Aryananda Sahari dan Sdr. Ari Sutrisno selaku Ketua Umum PP HIKMAHBUDHI.

Kegiatan ini bertemakan “Mewujudkan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan” yang mempunyai makna yaitu orang-orang yang memiliki semangat untuk mendorong diri menuju perubahan, perubahan adalah kerja keras dimana seseorang berjuang pada bagian mana yang benar-benar mendidik menuju perubahan tersebut.

Mahasiswa merupakan generasi pelurus. Mengapa demikian disebut sebagai generasi pelurus? Karena sebagai seorang mahasiswa, wajib meluruskan yang salah di mata dunia dan juga untuk perubahan itu sendiri, bukan siapa dan dimana ia berguru, dimana ia menempuh sekolah dan pendidikannya. Jika dirinya tidak berkeinginan untuk berubah, maka tidak akan terjadi perubahan tersebut.

Ketika mampu mengenali jati dirinya dan siap berevolusi, maka ia layak untuk menyandang yang namanya Agent Of Change. Mahasiswa merupakan kaum cendikiawan muda dan kaum intelektual yang sedang mengemban ilmu di bangku yang lebih tinggi dari sebelumnya. Oleh karena itu, sebagai seorang mahasiswa, tentunya harus mempunyai pemikiran yang kritis terhadap lingkungan sekitar. Mahasiswa mempunyai kiprah sebagai agen perubahan yang mampu mengubah dinamika permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara.

Semoga dengan adanya kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan 1 PC HIKMAHBUDHI Banjarmasin ini, bisa melahirkan kader-kader yang berkualitas baik di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Sadhu…Sadhu…Sadhu…

Appamadena  Sampadetha
Berjuanglah dengan sungguh-sungguh

Ditulis oleh : Martino Ferry (Kabid Humas PC HIKMAHBUDHI Banjarmasin)
Editor : Billy Halim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here