Tanam Mental Cerdas dan Berintegritas pada Mahasiswa, PC Hikmahbudhi Mataram Selenggarakan Buddhist Inside

26

Majalah-Hikmahbudhi.com Buddhist Inside merupakan salah satu kegiatan yang ada di program kerja Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI). Kegiatan ini dilakukan uuntuk menjalin ikatan kalyanamitta (ikatan persaudaraan) antar mahasiswa buddhis. Gong dari kegiatan Buddhist Inside ini adalah mengukuhkan mahasiswa baru sebagai kader aktif HIKMAHBUDHI.

Buddhist Inside merupakan salah satu kegiatan yang ada di program kerja Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI). Kegiatan ini dilakukan uuntuk menjalin ikatan kalyanamitta (ikatan persaudaraan) antar mahasiswa buddhis. Gong dari kegiatan Buddhist Inside ini adalah mengukuhkan mahasiswa baru sebagai kader aktif HIKMAHBUDHI.

Pada tanggal 9-10 Februari 2019,  PC HIKMAHBUDHI MATARAM  melaksanakan kegiatan Buddhist Inside yang bertemakan “MAHASISWA BUDDHIS, CERDAS BERINTEGRITAS” di Vihara Putri Duyung Tirtavana. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini dirangkai dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun mental mahasiswa buddhis yang kokoh dan teguh bagaikan batu karang yang tak tergoyahkan hempasan gelombang, sebagaimana yang tertera dalam Mars HIKMAHBUDHI.

Buddhist Inside PC HIKMAHBUDHI MATARAM kali ini dihadiri oleh Kadis Dikpora Lombok Utara, Bapak Dr. Fauzan Faud, M. Pd yang sekaligus membuka langsung kegiatan tersebut. Turut hadir pula, dalam kegiatan ini, utusan Presidium Pusat HIKMAHBUDHI Bung Ade Pramana Winarko (Kabid SDM), Wakil Ketua DPRD Lombok Utara, Senior & Alumni PC HIKMAHBUDHI Mataram beserta perwakilan organisasi kepemudaan buddhis yaitu Pemuda Theravada Indonesia (PATRIA) dan  Sekretariat Bersama Persatuan Muda-Mudi vihara-vihara Buddhayana Indonesia (SEKBER).

Dalam sambutannya, Dr. Fauzan Faud, M. Pd menyampaikan pentingnya dalam berorganisasi. “Dalam berorganisasi, jangan sampai kehabisan tenaga dan pikiran untuk memperbaiki dan merapikan tataran di internal saja tetapi dalam berorganisasi, kita dididik untuk melihat peluang  untuk membesarkan dan memajukan organisasi. Dan harapan saya, semoga adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam HIKMAHBUDHI ini bisa menjadi ujung tombak dalam memajukan buddhis di kalangan mahasiswa dan masyarakat”.

Selain itu, Ketua Cabang HIKMAHBUDHI Mataram Danu Nayangga menyampaikan harapannya kepada seluruh mahasiswa buddhis di Nusa Tenggara Barat betapa pentingnya peranan mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. “Sebagai seorang mahasiswa kita dituntut untuk memiliki kepekaan sosial, kita dituntut untuk memiliki pemikiran-pemikiran yang terbuka dan luas, kita dituntut untuk memiliki pemikiran-pemikiran kritis dan solutif. Sebagai mahasiswa juga, kita dituntut untuk memiliki pendirian yang kokoh dalam menjalankan dan mempertahankan prinsip-prinsip yang menjadi landasan pergerakan dan perjuangan kita.” imbuhnya.

Penulis: Pirda Pratni Lestari (PC HIKMAHBUDHI MATARAM) 
Editor : Billy Halim