HIKMAHBUDHI Kecam Aksi Penembakan di Selandia Baru

67

Majalah-Hikmahbudhi.com Aksi teror kemanusiaan kembali menggemparkan dunia. Kali ini terjadi di Selandia Baru pada Jumat kemarin (15/03/2019), tepatnya di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood, Kota Christchruch. Hingga saat ini, berdasarkan informasi yang didapat dari KBRI Wellington, ada 49 orang tewas, terdiri atas 41 orang di Masjid Al Noor, 7 orang di Masjid Linwood, dan seorang lagi tewas saat dirawat di RS pascapenembakan. Brenton Tarrant bersama 3 rekannya ditangkap oleh kepolisian setempat dan bertanggung jawab atas aksi teror tersebut.

Aksi teror kemanusiaan kembali menggemparkan dunia. Kali ini terjadi di Selandia Baru pada Jumat kemarin (15/03/2019), tepatnya di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood, Kota Christchruch. Hingga saat ini, berdasarkan informasi yang didapat dari KBRI Wellington, ada 49 orang tewas, terdiri atas 41 orang di Masjid Al Noor, 7 orang di Masjid Linwood, dan seorang lagi tewas saat dirawat di RS pascapenembakan. Brenton Tarrant bersama 3 rekannya ditangkap oleh kepolisian setempat dan bertanggung jawab atas aksi teror tersebut.

“Dari 6 WNI yang diketahui berada di Masjid Al Noor pada saat kejadian penembakan hari ini, 5 orang telah melaporkan ke KBRI Wellington dalam keadaan sehat dan selamat. Sementara 1 orang atas nama Muhammad Abdul Hamid belum diketahui keberadaannya,” ujar KBRI Wellington dalam keterangan tertulisnya berdasarkan update per pukul 23.30 waktu setempat, Jumat (15/03/2019).Pasang Iklan

“Sementara dari Masjid Linwood, KBRI Wellington menerima bahwa terdapat 2 WNI, seorang ayah dan anaknya, yang tertembak. Kondisi sang ayah atas nama Zulfirmansyah masih kritis dan dirawat di ICU RS Christchurch Public Hospital. Sementara anaknya dalam keadaan yang lebih stabil,” sambung keterangan tersebut.

Ketua Umum PP HIKMAHBUDHI, Ari Sutrisno juga mengutuk keras aksi penembakan tersebut dan berharap masyarakat Indonesia tidak terprovokasi dan tetap menjaga kerukunan. Melalui edaran resminya, Presidium Pusat HIKMAHBUDHI menyatakan sikap sebagai berikut:

PERNYATAAN SIKAP PRESIDIUM PUSAT

HIMPUNAN MAHASISWA BUDDHIS INDONESIA

TERKAIT AKSI PENEMBAKAN BRUTAL DI NEW ZEALAND

Terhadap kejadian penembakan oleh teroris yang sangat biadab yang terjadi di Masjid Al Noor Christchurch dan masjid lain di pinggiran Linwood, New Zealand, Jumat, 15 Maret 2019, Presidium Pusat Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (PP HIKMAHBUDHI) menyatakan sikap:

  1. HIKMAHBUDHI mengutuk dan mengecam aksi teroris yang sangat kejam dan biadab, apalagi penghilangan nyawa. Peristiwa ini sangat mengusik rasa kemanusiaan dan tidak bisa dibenarkan.
  2. HIKMAHBUDHI menyampaikan keprihatinan dan rasa duka yang mendalam kepada seluruh keluarga korban serta mengajak segenap warga dunia agar mendoakan para korban yang meninggal agar ditempatkan di tempat yang sangat layak, ditempatkan di surga.
  3. HIKMAHBUDHI meminta seluruh warga dunia, khususnya di seluruh tanah air agar senantiasa tenang, menjaga kerukunan dan persaudaraan yang penuh dengan cinta kasih kepada sesama, tidak terprovokasi dan tetap menjaga kerukunan.
  4. HIKMAHBUDHI meminta agar pelaku teroris tersebut dihukum seberat-beratnya sesuai hukum yang berlaku di New Zealand.
  5. HIKMAHBUDHI meminta kepada Pemerintah Indonesia khususnya melalui Kementerian Luar Negeri untuk berkoordinasi secara cepat, dan melakukan perlindungan ekstra bagi Warga Negara Indonesia yang berada di masjid tersebut dan di wilayah yurisdiksi New Zealand serta melakukan langkah-langkah bilateral dalam upaya ikut menciptakan perdamaian dunia sebagaimana amanat konstitusi UUD 1945.

Appamadena Sampadetha

Jumat, 15 Maret 2019

Presidium Pusat HIKMAHBUDHI

Ari Sutrisno     Bebin Adi Darma

Ketua Umum     Sekretaris Jenderal

Sumber:

  • Presidium Pusat HIKMAHBUDHI
  • Majalah-Hikmahbudhi.com
  • https://news.detik.com/internasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here