Hari Lahir Pancasila, PC HIKMAHBUDHI Samarinda Wujudkan Aksi Nyata

14

Majalah-hikmahbudhi.com Tanggal 1 Juni merupakan Hari Lahir Pancasila. 75 tahun Pancasila melekat dalam bangsa dan negara sebagai pedoman Indonesia. Pancasila patut kita pegang teguh dalam hidup bermasyarakat setiap harinya.

“Pancasila merupakan akar kuat dari jiwa bangsa Indonesia. Jadikanlah momentum ini untuk mengimplementasikannya kembali, menjadi lurus kembali dan tak tergoyahkan, yah tujuan lainnya mungkin untuk mengingat-ingat kembali apa isi Pancasila itu sendiri, dari sila pertama hingga kelima, masih banyak juga yang belum hafal apalagi menjalankan Pancasila hehe”, ungkap Erie Irianti, Ketua PC HIKMAHBUDHI Samarinda yang menjelaskan betapa pentingnya Pancasila bagi bangsa.

Lima prinsip yang telah diperjuangkan oleh penggagas dalam merumuskannya, memanglah tak sepadan apabila hanya sekadar dihafal saja. Sebagai pemuda-pemudi yang berbudi luhur, sudah seyogianya kita mengindahkan nilai-nilai yang tertanam dalam tiap butir Pancasila. Maka dengan begitu, Pancasila akan hidup abadi dalam diri kita.

Menuju Juni memanglah tidak mudah. Kita telah melewati banyak hal yang terjadi secara tiba-tiba. Tanpa kita duga, Pandemi Covid-19 datang begitu saja hingga mengakibatkan pelemahan di berbagai sektor yang ada.

Di tengah Pandemi Covid-19 ini, tidak menyurutkan semangat PC HIKMAHBUDHI Samarinda dalam bersatu dan menguatkan satu sama lain untuk melewati wabah yang sudah merenggut banyak korban jiwa di berbagai belahan dunia.

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, PC HIKMAHBUDHI Samarinda mengadakan kegiatan bakti sosial sebagai wujud nyata penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan membagikan sembako kepada warga masyarakat yang membutuhkan di Kota Samarinda. Sumber dana yang digunakan berasal dari kas PC HIKMAHBUDHI Samarinda.

Banyak-sedikitnya jumlah bantuan yang diberikan, bagi PC HIKMAHBUDDHI Samarinda bukanlah suatu ukuran yang penting. Asal kita memiliki tekad yang kuat dan hati yang tulus, semua bisa kita wujudkan bersama-sama. Semoga hal-hal baik yang telah kita upayakan, bisa menjadi manfaat bagi sesama dan menjadikan kita sebagai pemuda-pemudi yang kuat dan bersatu.

Pada kesempatan kali ini, penulis mengajak kawan-kawan semua sebagai pemuda-pemudi bangsa agar dapat bergerak dengan semangat bergotong-royong dalam melewati Pandemi Covid-19. Sebab, sungguh tiada kata kecil dan terlambat untuk berbuat baik.

Mari, kita terapkan setiap butir Pancasila di seluruh ranah kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan begitu, kita turut andil dan berkontribusi dalam membangun dan memajukan tanah air kita, Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2020.

Appamadena Sampadetha. Berjuanglah Dengan Sungguh-sungguh

Penulis: Diyah Hariyani (Sekretaris Jendral PC HIKMAHBUDHI Samarinda)
Foto: Siauw Sherli (Bendahara PC HIKMAHBUDHI Samarinda)

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here